Contoh Format Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah di Perguruan Tinggi Sesuai dengan Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 tentang SNPT

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen program pembelajaran yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang ditetapkan.

Dalam menyusun sebuah dokumen RPS, yang harus menjadi perhatian setiap dosen adalah bahwa rancangan RPS ini dititikberatkan pada bagaimana memandu mahasiswa belajar agar memiliki kemampuan sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang ditetapkan dalam kurikulum, bukan pada kepentingan dosen mengajar. Rancangan RPS juga harus menitikberatkan pada pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centred learning / SCL).

Rumusan RPS berdasarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) paling sedikit harus memuat:

  1. Nama program studi, nama dan kode mata kuliah, semester, sks, nama dosen pengampu;
  2. Capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah;
  3. Kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajarn untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan;
  4. Bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai;
  5. Metode pembelajaran;
  6. Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran;
  7. Pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswaa selama satu semester;
  8. Kriteria, indikator, dan bobot penilaian; dan
  9. Daftar referensi yang digunakan.

Adapun contoh format RPS yang sesuai dengan Permenristekdikti No.44 tahun 2015 tentang SNPT dan Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi tahun 2016 dapa dilihat disini.

Salam Sukses Penuh Cinta “YDP”

Contact me:

3 Comments to “Contoh Format Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah di Perguruan Tinggi Sesuai dengan Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 tentang SNPT”

  1. Thank you for the good writeup. It in fact
    was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from
    you! However, how could we communicate?

  2. Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing this write-up plus the rest of the website is also really good.

    1. Thank you,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *