Prosedur dan Syarat Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan panduan prosedur dan persyaratan dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 dalam Permendikbud No. 51 tahun 2018. Berdasarkan peraturan tersebut, ada beberapa hal yang patut diketahui dan menjadi perhatian oleh para orang tua dan calon siswa baru.

  • Jadwal Pelaksanaan dan Tahapan PPDB 2019

Hal ini penting untuk diketahui oleh para calon orang tua / wali murid juga oleh para calon siswa sendiri agar bisa lebih awal dalam mempersiapkan segala persyaratan dan memahami alur proses penerimaan peserta didik baru yang akan mereka ikuti. Adapun tahapan PPDB tahun 2019 meliputi:

  1. Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru pada Sekolah yang bersangkutan yang dilakukan secara  terbuka baik melalui papan pengumuman di Sekolah maupun media lainnya;
  2. Pendaftaran yang bisa dilakukan melalui jalur dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring);
  3. Seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran;
  4. Pengumuman penetapan peserta didik baru; dan
  5. Daftar ulang.

Dalam Permendikbud No. 51 tahun 2019 ini juga diatur mengenai informasi apa saja yang harus dicantumkan dalam pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru yang dibuat oleh sekolah antara lain:

  1. Persyaratan calon peserta didik sesuai dengan jenjangnya;
  2. Tanggal pendaftaran;
  3. Jalur pendaftaran yang terdiri dari jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan oran tua / wali;
  4. Jumlah daya tampung calon siswa baru yang dapat diterima di Sekolah tersebut sesuai dengan data Rombongan Belajar dalam dapodik; dan
  5. Tanggal penetapan pengumuman hasil proses selesksi.
  • Penghapusan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Dalam PPDB 2019 ini, pemerintah menghapus penggunaan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan tetap menggunakan sistem Zonasi. Peserta didik baru yang berasal dari keluarga tidak mampu dibuktikan dengan keikutsertaan Peserta Didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerinta pusat atau pemerintah daerah.

  • Sistem Zonasi Sekolah

PPBD 2019 ini diatur menggunakan sistem zonasi sekolah dimana sekolah memiliki kewajiban untuk mempriaritaskan calon peserta didik yang memiliki KK atau surat keterangan domisili sesuai dengan satu wilayah asal (Zonasi) sekolah tersebut. Terkait dengan KK dan surat keterangan domisili harus dibuat minimal 1 tahun sebelum proses PPDB. Hal ini untuk mengantisipasi kecurangan yang dilakukan dengan membuat KK atau surat keterangan domisili baru menjelang PPDB. Mendikbud akan menindak tegas jika ditemukan adanya kecurangan dalam proses PPDB termasuk jika terjadi prakti jual-beli kursi dan pemalsuan surat-surat keterangan.

  • Jalur Pendaftaran

Pendaftaran PPDB 2019 akan dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan tugas orang tua / wali. Jalur Zonasi adalah penerimaan calon peserta didik yang berdomisili dalam satu zona dengan Sekolah dan dibuktikan dengan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Domisili yang diterbitkan minimal 1 tahun sebelum PPDB. Zonasi sekolah ditetapkan oleh pemerintah daerah dan diumumkan kepada masyarakat minimal 1 (satu) bulan sebelum pelaksanaan PPDB. Calon peserta didik yang diterima dari jalur zonasi paling sedikit 90% (sembilan puluh persen) dari daya tampung Sekolah.

Jalur prestasi adalah jalur PPDB untuk calon peserta didik berprestasi yang mendaftar di Sekolah di luar zonasi domisili peserta didik. Pada jalur prestasi, calon peserta didik yang diterima paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung Sekolah. Calon peserta didik jalur prestasi ditentukan berdasarkan nilai ujian Sekolah berstandar nasional atau UN dan hasil perlombaan akademik maupun nonakademik.

Jalur perpindahan orang tua / wali adalah jalur penerimaan calon peserta didik yang mendaftar di sekolah yang berada dalam satu zonasi dengan tempat kerja orang tua/wali yang harus dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang memperkejakannya. Calon peserta didik yang diterima dari jalur perpindahan orang tua/wali ini paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung Sekolah.

Dengan adanya panduan mengenai sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 ini semoga proses PPDB dapat berjalan secara transparan dan adil dan berlajalan lancar. PPDB yang bersih dan jujur yang dilakukan oleh para orang tua / wali dan pihak sekolah tentunya akan menjadi pembelajaran kehidupan (life lesson) yang sangat berharga bagi para generai muda penerus bangsa Indonesia.

Salam Sukses Penuh Cinta “YDP”

Contact me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *