Syarat dan Batas Usia Anak Masuk Sekolah

Berapa sih sebenarnya syarat usia seorang anak untuk dapat diterima masuk sekolah di tiap-tiap senjang pendidikan formal? Pertanyaan itu mungkin sering muncul di benak para orang tua yang akan mendaftarkan anak-anaknya mamasuki jenjang pendidikan formal baik tingkat TK maupun Sekolah Dasar.

Pemerintah, melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 tahun 2018 telah memberikan panduan persyaratan rentang usia anak masuk sekolah di semua tingkatan jenjang pendidikan.

Adapun persyaratan usia calon peserta didik baru pada jenjang TK adalah:

  1. Berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 5 (lima) tahun untuk kelompok A;
  2. Berusia 5 (lima) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun untuk kelompok B.

Sementara untuk jenjang Sekolah Dasar, persyaratan usia dijelaskan dalam Permendikbud tersebut adalah:

  1. Berusia 7 (tujuh) tahun atau paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Sekolah wajib menerima calon peserta didik yang telah berusia 7 (tujuh) tahun;
  2. Pengecualian bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istemewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional atau dewan guru, batas usia minimal adalah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

Sementara untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat tidak ada batasan usia minimal. Tetapi ada batasan usia maksimal bagi calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) yaitu berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli tahun bersajan. Sementara untuk calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan anak-anak kita menjadi anak yang soleh dan sukses dunia akhirat.

Salam Sukses Penuh Cinta “YDP”

Contact me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *